SISTEM MULTIMEDIA



1.    Definisi multimedia

Multimedia berasal dari dua kata yaitu multi dan media, kata multi berarti banyak atau lebih dari satu sedangkan kata media berarti alat/sarana/piranti untuk berkomunikasi. Multimedia merupakan suatu system yang didukung oleh lebih dari satu macam media, system multimedia dikarakteristikan oleh control computer, produksi gabungan, manipulasi, presentasi, penyimpanan (storage) dan komunikasi dari informasi indenpenden yang dikodekan melewati media kontinu dan media diskrit.

Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
1.     Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari computer dan video (Rosch,1996)
2.     Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
3.     Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
4.     Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
5.     Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan anaimasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)

2.    Kelebihan Multimedia

Menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan gerakan. Lembaa riset  dan penerbitan computer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyaakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 %  dari yang dilihat  dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang mengingat 50 %  dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat,didengar dan dilakukan sekaligus.



3.    Struktur Sistem Aplikasi Multimedia

Pembuatan aplikasi multimedia tidak lepas dari penyusunan struktur aplikasi multimedia, karena struktur aplikasi tersebut merupakan titik terpenting untuk membuat hasil aplikasi yang sempurna. Struktur ini berguna untuk memvisulkan seluruh struktur relasional dari aplikasi yang sedang dibangun serta menjelaskan organisasi file dari macromedia sebagai software utama, grafik dan sumber daya yang lain, sehingga tidak hanya memudahkan  untuk melakukan revisi pada tiap komponen  dalam aplikasi multimedia yang dibutuhkan. Menurut M. Suyanto pada bukunya yang berjudul “ Analisis & Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran “ (2004,103) menyebutkan ada lima macam struktur  struktur desain untuk membuat aplikasi multimedia, diantaranya adalah :



1)     Struktur Linear
Struktur linear merupakan struktur yang paling sederhana dalam mendisain aplikasi multimedia. Masing-masing objek dalam aplikasi multimedia dapat berupa teks, grafik, audio, video dan animasi atau kombinasi antara objek-objek tersebut.









Gambar 1 Struktur Linear
 
 








2)     Struktur Menu
Struktur kedua untuk merancang aliran aplikasi multimedia adalah dengan struktur menu. Objek dalam struktur menu dapat diujudkan dalam garis-garis hypertext, grafik, audio, video dan animasi atau kombinasi dari kelima objek tersebut.








Gambar 2 Struktur Menu
 
 











3)     Struktur Hierarki
Struktur Hirarki merupakan struktur seperti tanga atau pohon seperti yang ditunjukkan dalam gambar 2.3. Masing- masing objek menyediakan sebuah menu pilihan yang menonjolkan lebih banyak menu dengan lebih banyak pilihan.










Gambar 3 Striktur Hirarki
 
 


















4)     Struktur Jaringan
Struktur jaringan merupakan struktur yang paling kompeks. Dengan objek dapat terhubung dengan banyak objek dalam setiap arah pada setiap objek dalam aplikasi. Khusus aplikasi multimedia yang besar, desain struktur jaringan memungkinkan kita melakukan navigasi ke setiap layar dengan mengklik mouse  yang minimum.








Gambar .4 Struktur  Polar
 
 










5)     Struktur Kombinasi
      Multimedia sering menggunakan lebih dari satu struktur dalam mrancang aliran aplikasi multimedia, yaitu linear, menu, hirarki, dan jaringan. Sebagai contoh merancang jaringan yang canggih dapat memunculkan sebuah struktur linear, menu, hirarki dalam “slide bank”  dengan navigasi sederhana yang membiarkan pemakai bergerak kembali atau kedepan (melanjutkan) lewat slide. Desain yang mengkombinasikan semua struktur disebut hybrid.










Gambar 5 Struktur Kombinasi
 
 
























4.    Struktur dalam web multimedia

Selain  mengunakan berbagai struktur diatas, terdapat beberapa symbol yang biasa digunakan dalam web multimedia. Simbol-simbol tersebut antara lain :


 






5.    Komponen Multimedia

Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang terlihat dalam gambar dibawah ini :








Gambar 6  Element Multimedia
 
 









1)     Image (gambar),gambar atau grafik merupakan bagian yang penting  dalam dunia multimedia, sebab sebuah gambar dapat menggambarkan berjuta makna. Pada dasarnya sebuah format gambar dipresentasikan kedalam 2 tipe yaitu bitmap dan vector.

2)     Audio (suara),bebrapa tahun yang lalu pemakai PC sudah cukup dengan PC speaker yang hanya mengeluarkan nada tertentu pada suatu saat. Dalam teknologi multimedia, sound card mempunyai peranan yang penting bila kita tinjau dari visi utama multimedia yaitu memanfaatkan segala indera manusia terutama mata dan telinga.

3)     Text, sekalipun sebuah gambar memungkinkan menggambarkan jutaan makna, tetapi apabila gambar tersebut tanpa dilengkapi teks atau kutipan, makna sulit juga untuk diterima sehingga pengenalan sebuah gambar  kurang menarik untuk dilihat.

4)     Animation, penggunaan animasi pada computer telah dimulai dengan ditemukannya software yang dapat digunakan untuk melakukan ilustrasi dalam komputer, membuat perubahan gambar satu kegambar berikutnya, sehingga terbentuk satu sekuen gerakan tertentu, animasi menunjukkan sebuah seni dan gambar grafik yang menirukan gerakan dan juga berisi penyampaian suara.

5)     Video, dengan munculnya hardware PC yang bernama video commander, video classy dan video blaster yang merupakan sebuah card yang dipasang dislot ekparsi computer dengan card ini kita bisa menyaksikan sebuah gambar terhadap yang mungkin bisa dikatakan lebih diatas tingkatannya jika dibandingkan dengan animasi.



6.    Kegunaan multimedia di bidang usaha

Aplikasi multimedia dalam bidang usaha meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, katalog, instant message, dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggal video conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada di dalam suatu tempat yang sama. Multimedia dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang inovatif, kreatif, dan interaktif, daya saing sebuah produk menjadi lebih tinggi serta pemasaran produk menjadi lebih cepat dan efektif. Oleh karena itu multimedia mempunyai peranan penting dalam kelancaran dan kemudahan transaksi usaha.


7.    Kegunaan multimedia di bidang usaha

Aplikasi multimedia pada bidang pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh dan pemasaran pendidikan. Aplikasi dalam bidang pendidikan menggunakan CBE (Computer Based Education) sebagai alat penjabaran. Selain itu juga ada CAI (Computer Assisted Instruction) Digunakan pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran dan soal-soal ujian maupun latihan, serta menyimpan data-data pendidik dan para murid.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PESAWAT SEDERHANA